27 Desember, 2007

hari yang sangat sangatlah panjang

jadi, tentang hari sabtu kemarin adalah hari yang sangat panjang sekali menurut saya
diawali dengan itu kali pertama saya menjadi videografer sebuah acara wedding gitulah di ujung berung
namun malam harinya saya juga harus nonton acara oz di eldorado, dekat lembang
sebagai pekerja, datanglah saya lebih awal di acara tersebut
men-charge baterai cadangan handicam, menset tripod kalau kalau digunakan
mendengarkan briefing keseluruhan acara, mulai mencari cari sudut pandang untuk merekam
membiasakan diri dengan isyarat yang mungkin diberikan kemudian oleh sang videografer lainnya
alias bos alias oknum berinsial PNT dengan pakaian rapih yang tidak biasa hari itu
jam 12 tepatnya saya tiba di ujung berung, tempat acara akad nikah belangsung
dengan diantar oleh hujan yang sangat sangatlah lebat, dan baju batik saya pun basah kuyub
padahal ini kali pertama dalam hidup saya memakai batik
dengan duduk di bawah kipas angin berharap pakaian akan segera mengering
namun apa yang didapat kemudian bukanlah baju kering melainkan masuk angin
baguslah, tapi demi pekerjaan pertama ini tak apalah
kemudian makan makan, ya makan makan untuk para fotografer videografer eo
pokonya orang orang yang berkepentingan ketika acara berlangsung
jam sudah menunjukan pukul dua tepat
saya skip saja mulai dari pengantin pria masuk
dan terakhir adalah ijab kabul, selesai tepat jam empat
lalu lalu rencananya kita akan merekam pengantin
mulai dari masuk ke mobil hingga ke tempat resepsi
namun salah salah, ternyata kita masing masing membawa motor
jadi idenya adalah menaruh satu motor di tempat undangan dan kembali lagi
tapi apa daya, baru sesampainya kita di pacuan kuda arcamanik
hujan sudah begitu derasnya, tidak jadilah kita kembali dan merekam jalannya mobil
hasilnya adalah batik basah kuyub episode dua dengan bonus tambahan
handphone mati dengan layar terasa berair dan tuts yang error
bodohnya lagi saya paksakan untuk memasukan kode pin
kode eror, dan itu berlangsung 3 kali
dan tentu saja kemudian handphone saya diblokir
ya bagus bagus sempurna sekali
karena untuk tiket malam harinya belum saya ambil di seorang teman
dengan pasrah, saya kembali memvideo acara tersebut
acara sendiri baru dimulai jam 7 saat pengantin datang
dengan iring iringan pak polisi
mulai dari tanda tangan undangan testimoni salam salaman
foto bareng hingga adegan jawa, rama-sinta
setengah sepuluh tepatnya acara selesai
saya langsung tancap ke barjo, basecamp beberapa anak didominasi sunda
yang mengontrak sebuah rumah kecil di daerah sekeloa
hampir saja lemas, takut dia pergi atau bagaimana
dan tiket pun lenyap begitu saja
ternyata tidak, ia di rumah itu seorang diri
dan tiket pun ada di tangan saya sekarang
setelah mengisi bensin motor
mampirlah saya ke toko bundaran k untuk membeli rokok
dan kemudian saya langsung tancap gas ke arah setiabudi atas
beruntung lah saya, karena sempat terpikir paginya untuk membawa mobil kesana
tapi untunglah, karena terjadi antrian gila disana
ya begitulah jalan dua arah dan semua tertuju ke atas dan mencari tempat parkir
tentulah sangat ramai, karena mungkin kedatangan telefon tel aviv ke acara tersebut
motor saya dengan cepatnya menuju atas dan parkir di dekat pintu masuk
lalu lalu karena handphone saya mati, saya pun tak tahu harus bersama siapa
saya berkeliling mencari cari orang yang dikenal
setelah berputar putar akhirnya terdengar suara riuh panggilan
oh ternyata itu adalah teman saya kukuh dan bersama beberapa anak 2005
akhirnya kami masuk dan oh sialan
di pintu masuk kami diberi sebungkus rokok jarum mintul super
ya tak apalah, hitung hitung rokok gratis
tapi ternyata tak hanya sampai disitu saja
pemeriksaan berikutnya adalah gerepe gerepe badan
mungkin wajar ketika akhir tahun pemeriksaan diperketat
takut ada bom atau sesuatu yang haram
bukan, bukan hanya itu ternyata tangan si badan kekar terhenti
di kantong jaket yang membentuk kotak saat dipegang
takut disangka bom atau barang haram lainnya
saya langsung menyanggah," itu rokok juga kok pak!"
dan kantong saya pun dibuka
yang terucap hanyalah kata," maaf mas, nanti diambil lagi yah"
bayangan hitam langsung menutupi pikiran saya
dengan logika rokok itu takkan kembali lagi
melihat dibawah si kekar ada sekotak besar
yang berisi bungkus rokok berlainan
banyak diantaranya mungkin seperti kepunyaan saya
belum dipadatkan, bahkan segelnya pun belum dibuka
uh sungguh sialan, terpaksa akhirnya saya merokok jarum mintul
yang selalu saya matikan padahal belum habis, terkadang masih setengah
karena rasanya sangatlah tidak enak, mungkin juga terbayang rokok saya yang diambil tadi
ya memasuki ruangan, disambut rnrm dengan beberapa singelnya dan satu lagu cover dari telefon tel aviv
ternyata banyak band yang saya lewati, tapi tak apalah toh saya hanya ingin lihat rnrm dan telefon tel aviv sendiri
mencari cari teman teman didalam akhirnya bertemu juga
beberapa anak sr yang terpencar dan akhirnya tertahan bersama anak anak tarunabakti
ya memang saya janjian dengan mereka sebelumnya
setelah rnrm kemudian ada dj romi dan drummer tio nugros
ah mereka terdengar sudah tidak muda lagi menurut saya, selain nama besar tentunya
jadi saya keluar mencari udara segar dan tempat untuk duduk tentunya
setelah duduk baru saya sadar, punggung ini terasa sangt pegal sekali
dan baru ingat kalau sejak tadi pagi saya lebih banyak berdiri membungkuk dan kadang jinjit
setelah membeli minuman dan bubur ayam yang kemudian berubah menjadi kerupuk kerupuk pedas
karena terlalu sebal untuk lama menunggu bubur mungkin
dj romi dkk selesai, dan suara mc pun terdengar dari luar
seketika kami bangun dan masuk lagi ke dalam
benar saja, telefon tel aviv mulai dengan suara suara tenang yang kemudian naik perlahan
dengan lampu lampu dan visual yang sangat indah mengiringi mereka bermain
tapi saya tetap tidak paham, dan yang saya lihat pun penonton terlalu banyak yang sibuk sendiri
selesai lagu pertama, penonton bertepuk tangan tapi entah karena apa
apakah hanya karena mereka berasal dari tanah lain atau karena memang mengerti
lagu yang dicover oleh rnrm pun tidak mereka mainkan
karena mungkin hanya album itu yang saya kenal, setidaknya di playlist winamp
jujur, saya sendiri tidak begitu familiar dengan lagu lagu mereka
dan menurut saya banyak juga penonton yang seperti itu
ditambah lagi mereka jarang berbicara sebelum lagu dimulai
lalu keadaan dirusak oleh seorang pria bertubuh kekar gaya om om
yang menari nari dengan lincahnya diatas panggung
saya jadi mengamati tingkahnya
sesekali ia joget gaya braga dangdut
namun ada kalanya ia menjadi robotik yang terkadang korslet
entah sadar atau tidak, akhirnya setelah dua lagu ia pun turun
dan saya melihat ke arah bawahnya sedikit
ternyata ada seseorang ya seseorang lah pokonya
saya jadi ingin memanggilnya
sementara itu akhirnya bule bule itu pun berbicara
bla bla bla dan seperti kebanyakan artis luar yang datang
berkata terimakasih dengat logat bulenya
dan selalu penonton kita riuh setelah mendengar kata itu
akhirnya tiba lagu terakhir dan selesai
mungkin mereka memang salah panggung disini
karena mereka lebih cocok untuk dibuka
elemental gaze atau sigur ros
misalnya dibanding oleh dj romi dkk
yang terlalu bersemangat menurut saya
tapi lupakanlah
karena seseorang tadi tiba tiba lewat di dekat saya
reflek saya langsung memanggil namanya
dua kali namun dia tak mendengar saya
memang dia sedang dalam keadaan bertelepon sih
dan dia berlalu begitu saja, ya sudahlah
acara ditutup, namun mungkin secara perlahan dengan
keluarnya dj romi kembali bersama antek anteknya
ya itu terasa bukan saya, dan akhirnya kita pun keluar
dengan berharap kembalinya sebungkus rokok tadi yang hilang
memang sih ada beberapa orang lain yang mempermasalahkannya
tapi sudahlah saya tak peduli, terlalu lelah mungkin
setidaknya ini waktu yang cukup menyenangkan bersama teman teman

tuh kan panjang bener.

Tidak ada komentar: